Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Landak Tanam dan Panen Pekarangan Pangan Lestari

LANDAK- Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan tanam dan panen Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Dusun Moco, Desa Paloan, Kecamatan Sengah Temila, Selasa (20/10/20) dengan turut dihadiri oleh Dandim 1201/Mempawah, Kadis Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Kadis PUPR dan Pera Kabupaten Landak, Kadis Kesehatan Kabupaten Landak, Kepala Bappeda Kabupaten Landak, Kepala Bank Kalbar Cabang Ngabang, Camat Sengah Temila, Kapolsek Sengah Temila, Danramil Sengah Temila serta Kelompok Wanita Tani dan masyarakat Dusu Moco.

Kegiatan tanam dan panen P2L ini bertempat di Kelompok Wanita Tani (KWT) Puncalikng, Dusun Moco, Desa Paloan dengan melakukan panen seperti tomat, cabe rawit, mentimun, gambas, terong, labu air, dan melakukan penanaman bibit terong hijau. Selain itu, Bupati Karolin Gedung PAUD di Desa Paloan yang merupakan sarana pembelajaran bagi anak-anak usia dini dan peringatan hari pangan sedunia.

Dalam sambutannya Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas utama dengan menjadikan sektor pertanian sebagai sektor utama yang tidak hanya menyangkut persoalan produksi, distribusi dan penyediaan pangan ditingkat makro, tetapi juga menyangkut aspek mikro.

“Akses pangan di tingkat rumah tangga atau keluarga dengan cara memperpendek mata rantai pasokan pangan dengan memposisikan rumah tangga sebagai produsen sekaligus konsumen, salah satunya dengan kegiatan pekarangan pangan lestari ini,” ucap Karolin.

Lebih lanjut Bupati Karolin mengingatkan masyarakat terhadap Pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini telah membawa dampak pada lini kehidupan masyarakat.

“Dengan memanfaatkan pekarangan rumah dapat menghemat pembiayaan rumah tangga, terlebih jika memiliki kelompok pekarangan maka akan dapat menghasilkan pendapatan bagi masyarakat,” terang Karolin.

Bagikan

Form Penilaian