Pemkab Landak Gelar Gerakan Tanam Cabai di Kampung Cabai Desa Amang Kecamatan Ngabang

LANDAK – Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak menggelar Gerakan Tanam Cabai di Kampung Cabai Desa Amang Kec. Ngabang Kab. Landak, di Desa Amang, Kec. Ngabang, Kab. Landak. Selasa (21/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si, Perwakilan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Landak, Kepala Dinas PPKP Kab. Landak, Pj. Ketua TP. PKK Kab. Landak, Forkopimcam Ngabang, Kepala Desa Amang, Kepala BPP beserta Penyuluh di WKPP Kecamatan Ngabang, Ketua Gapoktan Guam Dapah Desa Amang, Kelompok Tani Desa Amang, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Landak Samuel menuturkan bahwa cabai merupakan komoditas holtikultura potensial yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan memiliki potensi untuk terus dikembangkan.

“Cabai juga menduduki posisi penting dalam menu pangan. Walaupun diperlukannya dalam jumlah kecil, namun setiap hari dikonsumsi oleh hampir seluruh penduduk Indonesia,” ujar Samuel.

Akan tetapi, lanjut Samuel, produksinya bersifat musiman, sementara ketersediaan untuk konsumsi masyarakat harus terpenuhi sepanjang tahun. Keadaan ini menyebabkan fluktuasi harga cabai sangat tinggi, bergantung pada keseimbangan pasar.

"Pada saat produksi melimpah yaitu pada saat musim panen, harga cabai berada pada titik termurah, sedangkan kondisi sebaliknya terjadi pada saat bukan musim panen, ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga mempengaruhi produksi cabai,” jelas Samuel.

Bagikan

Form Penilaian