Sistem Pengawasan Kinerja (SisPeK) berbasis Aplikasi Android Bagi ASN Kantor Camat Banyuke Hulu Kab. Landak Prov. Kalimantan Barat Diluncurkan

Image Thumbnail

LANDAK – Dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi guna mempertahankan relevansi serta eksistensi Pemerintah Kecamatan, selaku Camat Banyuke Hulu perlu melakukan perbaikan kinerja dan diperlukan terobosan yang inovatif.

Guna mewujudkannya, Camat Banyuke Hulu terus melakukan upaya perbaikan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) supaya lebih efektif dalam melaksanakan tugas kedinasan rutin serta diharapkan ASN mampu berpikir secara komprehensif dengan kemampuan mitigasi resiko terkait pelaksanaan kegiatan, pelayanan pada masyarakat dan menangani persoalan yang timbul di tengah masyarakat serta hal-hal yang patut diprediksi akan menimbulkan dampak negatif pada organisasi Pemerintah Kecamatan Banyuke Hulu.

Dalam kesempatan dimaksud dan guna meningkatkan produktifitas ASN kantor Camat Banyuke Hulu, Camat Banyuke Hulu Andrew Gormico, S.IP, M.Si melakukan terobosan inovatif dengan membangun sebuah Sistem yang mampu mengawasi kinerja ASN nya agar lebih produktif dan efektif.

Sistem dimaksud ialah Sistem Pengawasan Kinerja berbasis aplikasi android dipopulerkan dengan nama SisPeK Banyuke Hulu. Saat diwawancarai, lulusan IPDN Jatinangor ini menjelaskan bahwa untuk saat ini, SisPeK Banyuke Hulu adalah suatu inovasi yang baru di Kabupaten Landak dan diharapkan mampu menjawab persoalan tentang eksistensi Pemerintah Kecamatan di era industri 4.0 dan dilematis persoalan produktivitas ASN.

"SisPek Banyuke Hulu memiliki keunggulan karena mudah digunakan oleh semua kalangan birokrasi karena berbasis aplikasi Android sehingga dapat diinstal pada handphone Android yang sudah sangat familiar di masyarakat," jelas Andrew.

SisPeK Banyuke Hulu, memiliki manfaat antara lain:
1. Sebagai Media informasi kegiatan Camat;
2. Rapat-rapat online terbatas;
3. Fitur absensi, Camat dapat memonitor kehadiran ASN setiap harinya;
4. Fitur Disposisi, Camat dapat memberikan Disposisi surat/perintah kepada staf tanpa harus berada di kantor serta staf berkewajiban menyampaikan hasil pelaksanaan disposisinya/perintah via aplikasi berupa Foto, File dokumen dan Video singkat sesuai kebutuhan dan perintah Camat. Sehingga, disposisi/perintah termonitor oleh Camat.
5. Fitur Galeri, sebagai alat monitor aktivitas harian ASN dalam bentuk foto kegiatan dalam hari berkenaan dan wajib di upadate setiap hari oleh setiap ASN, dalam setiap mereka melaksanakan tugas rutin harian secara real time.

"Jadi tidak ada lagi ASN yang tidak produktif, semua akan berlomba-lomba untuk mempublikasikan pelaksanaan tugasnya kepada Pimpinan dan rekan-rekannya," ujar Camat berusia 34 tahun ini.

Sejak berita ini di rilis, setidaknya sudah 9 (sembilan) Camat yang ada di Kabupaten Landak yang bermohon untuk mereplikasi atau adopsi SisPek Banyuke Hulu ini, antara lain Camat Ngabang, Camat Sengah Temila, Camat Jelimpo, Camat Kuala Behe, Camat Mandor, Camat Mempawah Hulu, Camat Air Besar, Camat Menjalin dan Camat Meranti.

"Kami menyambut baik permohonan replikasi dimaksud, tinggal menunggu arahan dari pimpinan saja,” ujar Goverto E. Cahyono, S.Kom selaku ketua Tim IT Kantor Camat Banyuke Hulu.

Yang mana aplikasi SisPeK ini sejak di Launching, telah mendapatkan dukungan dari anggota DPR RI Dapil Kalbar 1 Ibu Maria Lestari, S.Pd, MH, Ketua DPRD Kab. Landak Heri Saman, SH, MH, Bupati Landak Periode 2017-2022 dr. Karolin Margret Natasa, MH, Penjabat Bupati Landak Samuel, SE, M.Si, Sekretaris Daerah Kab. Landak Vinsensius, S.Sos, MMA, Asisten Pemerintahan Setda Kab. Landak Yonas, S.Sos, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Landak Drs. Alexander, M.Si., Kepala BKPSDM Kab. Landak Marsianus, S.IP, M.Si, dan Kepala Dinas Kominfo Kab. Landak Yohanes. A, SE.

"Demikian, Semoga Landak semakin Pulih, Kuat dan Hebat," tutup Camat Banyuke Hulu yang sempat ditugaskan sebagai Komandan Upacara HUT Ke-23 Pemerintah Kabupaten Landak Tahun 2022.

.

Share Post: