Pj. Bupati Landak Serahkan Bantuan Perahu Evakuasi Banjir Sumber Dana Desa Hilir Tengah Secara Simbolis

Image Thumbnail

LANDAK - Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menyerahkan secara simbolis bantuan perahu evakuasi banjir, sumber dana Desa Hilir Tengah kepada 4 dusun di wilayah Desa Hilir Tengah, Kecamatan Ngabang, di Kantor Desa Hilir Tengah. Selasa (10/01/2023).

Turut hadir Kepala Dinas PMPD Kab. Landak, Camat Ngabang, Kepala Desa Hilir Tengah, Babinkamtibmas Desa Hilir Tengah, BPD Hilir Tengah, serta perangkat Desa Hilir Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Samuel menyampikan bahwa melihat dari pengalaman yang sudah-sudah, ketika terjadi banjir, terdapat kesulitan dalam mengevakuasi masyarakat yang berada di pinggiran sungai.

"Perahu ini lebih kepada antisipasi jika terjadi bencana banjir, memang diharapkan tidak terjadi bencana banjir, namun kita tidak tahu akan keadaan alam, dengan curah hujan yang tinggi, bisa saja terjadi banjir. Maka dari itu, setelah dibahas dengan BPD dan semua perangkat desa sehingga dialokasikan untuk pengadaan perahu ini. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah desa kepada warganya," ucap Samuel.

Lebih lanjut Pj. Bupati Landak itu berpesan agar perahu yang diserahkan dirawat dan dijaga dengan baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, Jangan sampai ketika tidak ada bencana banjir perahu-perahu ini tidak dirawat dengan baik dan disimpan dengan sembarangan sehingga rusak.

"Pada saatnya perahu-perahu ini diperlukan, bisa ada ditempat dan stand by dalam kondisi yang baik. Diharapkan kepada Pak Kadus (Kepala Dusun) untuk merawat dengan baik dan benar sehingga ketika terjadi bencana banjir, masyarakat dapat tertolong dengan adanya perahu ini untuk evakuasi," ujar Samuel.

Samuel juga menyatakan bahwa pemerintah juga tentu akan membantu jika terjadi bencana banjir dalam hal lain seperti logistik, tempat pengungsian, dapur umum, dan lain sebagainya.

"Kerjasama yang baik antara pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten untuk melayani masyarakat terutama ketika terjadi musibah atau bencana," tukas Samuel.

Ia juga menyampaikan, terkait dengan Kantor Desa Hilir Tengah, dengan kondisi kantor yang sekarang memang sangat terbatas ini, akan menjadi perhatian juga kedepannya, sehingga dapat ditindaklanjuti secara bertahap. 

"Namun memang kita lebih menekankan kepada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan karena saya pribadi sudah ke semua kecamatan di Kabupaten Landak sehingga tahu persis bahwa banyak jalan dan jembatan yang rusak parah sehingga membutuhkan perbaikan dan memerlukan dana yang cukup besar. Maka dari itu skala prioritas kita lebih diutamakan ke pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan," pungkasnya.

Tidak lupa Samuel menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Desa beserta jajarannya yang telah membuat program pengadaan perahu ini yang nantinya digunakan untuk evakuasi jika terjadi bencana banjir.

"Terimakasih kepada Pak Kades (Kepala Desa) dan Pak Camat yang telah memprioritaskan pengadaan perahu ini sebagai sarana untuk evakuasi banjir. Diharapkan perahu ini dapat menjadi aset desa untuk dijaga dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang sehingga dana desa yang ada bisa dialihkan untuk pembangunan-pembangunan desa yang lainnya alih-alih untuk perbaikan perahu yang rusak," tutup Samuel.

Dalam kegiatan tersebut, diketahui sebanyak 4 perahu diserahkan kepada 4 dusun yang ada di wilayah Desa Hilir Tengah yakni Dusun Hilir Tengah 1, Dusun Hilir Tengah 2, Dusun Sri Bernian, dan Dusun Keramat. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan perahu secara simbolis oleh Pj. Bupati Landak Samuel dan foto bersama.

.

Share Post: