Pj Bupati Landak Hadiri Kegiatan Pertunjukan Atraksi Wisata Alam dan Budaya di Wisata Air Merah, Desa Mungguk

Image Thumbnail

LANDAK – Pj Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri kegiatan Pertunjukan Atraksi Wisata Alam dan Budaya di Wisata Air Merah, Desa Mungguk, Kabupaten Landak. Yang dihadiri langsung oleh  Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Landak, Camat Ngabang, Kapolsek Ngabang, Danramil Ngabang, Kepala Cabang Bank Kalbar, Ketua Kelompok Sadar Wisata Mutiara Desa Mungguk, Ketua STKIP Pamane Talino dan organisasi-organisasi dan komunitas pegiat pariwisata, diwisata air merah. Jumat (10-6-2022).

Dalam kesempatan ini Samuel mengapresiasi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Mutiara Desa Mungguk akan terobosan dan inisiatif dalam membangun Desa Mungguk sebagai daerah tujuan wisata.

“Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan dua tahun terakhir dengan dibangunnya pos tiket masuk, serta menggandeng perusahaan perkebunan dan perbankan untuk memberikan sumbangsih dan dukungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya pintu gerbang wisata yang dibangun oleh PT Bank Kalbar Ngabang, dan sumbangan lain dari perusahaan perkebunan,” ujar Samuel.

Selain itu Samuel juga memberikan apresiasi kepada Desa Mungguk yang berhasil masuk dalam nominasi 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diikuti oleh 3000 Desa se-Indonesia.

“Hal ini tentu saja menjadi contoh bagaimana suatu Kawasan pedesaan bisa mandiri dan berkembang dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki sesuai dengan arahan kebijakan Bapak Presiden Joko Widodo dimana pembangunan Indonesia harus dimulai dari desa untuk menyongsong Indonesia Emas," ucap Samuel.

Samuel berharap dengan kegiatan ini, tempat wisata di Desa Mungguk dapat memberikan kontribusi optimal kepada masyarakat dan daerah serta menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Landak.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan semoga menjadi titik tolak bagi pengembangan wisata di Kabupaten Landak secara umum, dan secara khusus di Desa Mungguk. Kami berharap dengan adanya atraksi wisata ini masyarakat mendapatkan manfaat secara sosial dan ekonomi,” tutur Samuel.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat Windy Prihastari, S.STP., M.Si. turut mengapresiasi Desa Mungguk dan Pokdarwis Mutiara Desa Mungguk atas penyelenggaraan kegiatan ini sebagai bentuk mendorong percepatan pengembangan Desa Wisata di Kalimantan Barat.

“Pengembangan Desa Wisata merupakan salah satu cara pengembangan pariwisata yang berbasis masyarakat yang menitikberatkan pada peningkatan kesejahteraan rakyat sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yaitu program pengembangan Desa Wisata melalui Anugerah Desa Wisata. Untuk itu Saya mengajak semua pihak untuk ikut berperan aktif dalam percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya dan ekonomi desa dengan mengusung tema ‘Indonesia Bangkit’,” ujar Windy.

.

Share Post: