GUBERNUR KALBAR PANEN RAYA BERSAMA BUPATI LANDAK DI DESA SEPAHAT KEC. MENJALIN

Rabu (16/3) Gubernur Kalbar menghadiri Panen Raya yang diadakan oleh Gapoktan Jubata di desa Sepahat Kec. Menjalin. Pada kesempatan tersebut selain dihadiri oleh Bupati Landak, hadir Pula Anggota DPR RI dr. Karolin Margret Natasa, dan Kasdam 12 Tanjungpura.

 Panen Raya yang digelar merupakan Panen perdana Padi sistem hazton. Dalam sambutannya Bupati Landak menyatakan bahwa keuntungan  dari menanam padi dengan sistem hazton ini adalah hasil panen yang dihasilkan jauh lebih banyak dibanding dengan sistem lainnya. Untuk hasil panen kali ini dari 3,5 ton menjadi 6,9 ton, dengan demikian diharapkan kedepan dengan adanya sistem hazton ini kab. Landak bisa mensuplai kebutuhan pangan  nasional.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH juga menyampaikan bahwa Metode hazton ini merupakan karya Putra Kalbar yaitu Hazirin dan Anton yang dalam prosesnya membutuhkan waktu dan uji coba yang panjang. untuk mensukseskan metode hazton ini pemerintah provinsi kalbar melibatkan Bank Indonesia dan Bank Kalbar .  Anggota DPR RI dr. Karolin Margret Natasha yang hadir pada acara tersebut  juga menghimbau kepada para Petani setempat untuk tidak ragu-ragu dalam menerapkan sistem hazton ini, karena jika terjadi gagal panen pemerintah pusat sudah menyiapkan Asuransi. Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan penggunaan dana desa harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat desa melalui Bumdes.

Bagikan

Form Penilaian