Gelar Pembekalan Purna Tugas, Pemkab Landak Harap Calon Pensiunan Tetap Berkarya

Image Thumbnail

LANDAK- Pemerintah Kabupaten Landak melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Landak menggelar kegiatan pembekalan menjelang purna tugas bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwilayah Kabupaten Landak. Kegiatan ini diikuti oleh PNS yang akan memasuki masa pensiun terhitung 1 Januari 2022 sampai 31 Desember 2022 dengan jumlah keseluruhan 190 orang.

Kegiatan tersebut merupakan sosialisasi ketaspenan oleh Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap). Turut hadir dalam membuka acara ini Bupati Landak yang diwakili Sekda Landak Vinsensius didampingi Kepala BKPSDM Kabupaten Landak, serta narasumber dari Bank Mantap Cabang Pontianak.

Saat membuka acara tersebut Sekda Landak mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan para PNS yang akan purna tugas supaya siap dalam memasuki tugas baru lainnya.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para PNS yang akan purna tugas supaya dapat menyiapkan mental psikologis serta ekonomi keluarga sehingga pada saat purna tugas tidak mengalami kendala berarti dalam perekenomian keluarga," ujar Sekda Landak.

Sekda Landak juga mengatakan untuk membekali para calon pensiunan hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Landak telah bekerjasama dengan instansi terkait.

"Untuk mendukung Bapak/Ibu yang nantinya akan memulai masa pensiunnya dengan berusaha, kita juga sudah bekerjasama dengan pihak terkait. Hal ini dilakukan supaya para pensiunan tetap produktif dan memiliki kemampuan finansial yang memadai," terang Vinsensius.

Terakhir dirinya berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius guna menambah pengetahuan mereka.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Landak, Marsianus memaparkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 190 orang.

"Sebanyak 190 orang ini terdiri dari 146 orang PNS Fungsional (guru,perawat dan penyuluh pertanian) dan 44 orang PNS Struktural dan pelaksana dengan golongan ruang I/d sampai dengan golongan IV/b. Mengingat masih dalam pandemi COVID-19, maka kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari" kata Kepala BKPSDM.

Marsianus juga menegaskan bahwa selama pengurusan berkas pensiun diharapkan para pegawai menyiapkan persyaratan dengan lengkap dan benar.

"Kami harap Bapak/Ibu dapat menyiapkan jauh-jauh hari terlebih dahulu berkasnya, hal ini kita minta supaya proses penerbitan SK Pensiun dapat berjalan dengan lancar. Selain itu perlu kami tegaskan bahwa semua layanan kepegawaian tanpa dipungut biaya atau gratis karena hal ini merupakan bentuk dari langkah kita mewujudkan Pemerintah Kabupaten Landak bebas pungutan liar (pungli)," tegasnya.

.

Share Post: