Dinas Pertanian Provinsi Siap Mempromosikan Dan Memasarkan Beras Lokal Landak

Pemerintah Kabupaten Landak mendapat kunjungan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Provinsi Kalimantan Barat Heronimus Hero dalam rangka mengetahui produk beras lokal kabupaten landak yang telah masuk ke pasar modern, pada hari Rabu (18/09/2019) Siang.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar Heronimus Hero Mengatakan kepada media center pemkab landak dipendopo Bupati Landak kunjunganya di kabupaten landak dan bertemu dengan Bupati Ladnak, karena sebelumya kabupaten landak sudah mempunyai brand beras lokal, seiring juga dengan program Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) provinsi Kalimantan Barat yang ingin mempromosikan dan mengebyarkan beras lokal di pasar modern diseluruh kabupaten kota yang ada di Kalimantan barat.

”Kita ada gerakan beras bersama di Kalbar yaitu adalah bangga bertani, kita sinergikan saja diprovinsi, kita merangkul semua beras-beras yang di produksi kabupaten, yang sudah bermerek tentunya, untuk kita promosikan pasarnya di tingkat provinsi khususnya dikota Pontianak, karena Pontianak itu pusatnya pasar, Makanya pada hari ini kami langsung berkunjung ke kabupaten landak untuk menemui Bupati Landak, karena pada saat launching kemarin kita belum dapat suplai dari kabupaten Landak,” Ujar Hero.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar juga menyampaikan bahwa hasil pertemuan dengan Bupati Landak pada hari ini (Rabu) dan memang ternyata ada dua merek yang di produksi secara masal di kabupaten landak, dan satu sudah masuk di pasar moderen serta yang satunya berpotensi untuk masuk pasar moderen selanjutnya.

“Dari sisi teknis kita melakukan pembinaan dari hulu, yang artinya mendukung pengembangan produksi dan produktivitas padi, sampai pada tahap paska panen kita akan dukung, bahkan kita siap dukungan kemasan, pengolahan,pengering, mesin penggiling dan lain sebagainya, supaya di hasilkan produk beras yang berkualitas, seragam dan itu bisa memenuhi syarat standar untuk bisa masuk di pasar modern. Namun Saya mengapresiasi kinerja Bupati ladnak yang sudah mampu memasarkan brand beras lokal Landak di pasar modern,” tambah Hero

Hero juga mengatakan pasar tradisional sudah bisa menerima lebih besar lokal, namun yang lebih penting ingin kerjasama dengan seluruh kabupaten kota agar beras yang di produksi masyarakat Kalbar agar tidak hilang jejak di pasar.

”karena selama ini banyak beras kita dihasilkan hanya dibeli dengan tanpa kemasan, kemudian dikemas ulang oleh para penampung beras atau pelaku usaha perberasan yang menggunakan merek-merek luar, sehingga beras kita sepertinya tidak ada dan faktanya itu terjadi, kita sudah surplus,” Ucap Hero.

Sementara itu, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa saat bertemu dengan kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar mengucapkan terima kasih kepada provinsi Kalimantan barat yang telah mau ambil bagian untuk mempromosikan berasa lokal kabupaten landak ke ranah yang lebih modern.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Provinsi Kalimantan Barat yang telah mau ambil bagian untuk mempromosikan beras lokal asal kabupaten landak, ke ranah yang lebih modern, dengan terjalinya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Landak dan Provinsi Kalimantan Bara ini, saya secara pribadi sangat yakin sekali bahwa kita akan lebih baik lagi dari yang sekarang ini serta lebih mudah menyebarluaskan beras lokal landak,” Tukas Karolin.

Bupati Landak itu juga Menghimbau kepada masyarakat Kalimantan barat khususnya kabupaten landak untuk menggunakan dan memanfaatkan produk lokal, guna mendukung produk lokal demi kesejahteraan petani.

Bagikan

Form Penilaian