Pemkab Landak Dapat 800 PJU Tenaga Surya Dari Kementerian ESDM

Pemerintah kabupaten Landak tahun 2019 ini mendapatkan bantuan berupa penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Bantuan penerangan jalan umum tenaga surya ini sebanyak 800 titik yang tersebar di 7 kecamatan dan 25 desa di Kabupaten Landak.

Sebelum pemasangan dilakukan, pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa bersama dengan CV. Bangun Persada Nusantara selaku pelaksana dan penyalur bantuan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada Camat dan Kepala Desa terkait pada Selasa (17/9/2019) di aula kecil Kantor Bupati Landak.

Sosialisasi ini dilakukan bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi desa dan pihak kecamatan mengenai persiapan dan hal teknis yang harus dilakukan untuk pemasangan PJU-TS diwilayahnya masing-masing.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Mardimo saat membuka sosialisasi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan pemerintah pusat untuk Kabupaten Landak.

“Kabupaten Landak sangat berterimakasih karena memperoleh bantuan dari pemerintah pusat berupa 800 titik pemasangan alat penerangan jalan umum tenaga surya,” ujar Mardimo.

Mardimo mengatakan bahwa ada sebanyak 25 desa dan 7 kecamatan yang akan dipasang PJU-TS tersebut, dimana setiap desa masing-masing akan memperoleh sebanyak 32 titik.

“800 titik penerangan jalan umum tenaga surya ini tersebar di 7 kecamatan dan 25 desa dimana tiap desa memperoleh 32 titik,” jelas Mardimo.

Menurut Mardimo pemilihan lokasi titik pemasangan PJU-TS tersebut sudah ditentukan berdasarkan pertimbangan dan indikator yang ada.

“keduapuluh lima desa ini dipilih bukan tanpa pertimbangan, kita betul-betul melihat mana yang paling prioritas. Jadi kita pilih lokasi yang sangat memerlukan penerangan jalan umum,” papar Mardimo.

Sementara itu Alimin selaku perwakilan dari CV. Bangun Persada Nusantara mengatakan bahwa pemasangan PJU-TS ini rencananya akan dilakukan pada akhir September.

“Hari ini intinya para kepala desa sudah sepakat dan siap menerima pemasangan, maka dalam waktu dekat akan segera kita lakukan pemasangan, jika tidak ada kendala lagi minggu depan segera kita pasang,” ujar Alimin.

Bagikan

Form Penilaian