Lantik Ikatan Dokter Indonesia Landak, Ini Harapan Karolin Terkait Kualitas Pelayanan

Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa meminta kepada dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Landak untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Landak yang sehat.

"Salah satu upaya untuk menyehatkan bangsa adalah melalui profesionalisme di bidang kesehatan dan kedokteran, serta senantiasa berupaya untuk selalu meningkatkan dan memelihara pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, merata dan terjangkau," ujar Karolin.

Karolin menambahkan, penyelenggaraan pelayanan kesehatan ini tentu saja belum cukup bila tidak didukung dengan penerapan nilai-nilai moral dan etika profesi yang tinggi. Demikia pula pelayanan dibidang kedokteran, pelaksanaan nilai-nilai luhur profesi sangat diperlukan.

Dalam perannya, IDI sebagai satu-satunya organisasi profesi dokter bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan dokter sebagai anggotanya.

"Mutu yang dimaksud adalah pemenuhan standar profesi, dimana standar etika atau kode etik menjadi salah satu unsurnya, sehingga dalam pelayanannya, seorang dokter harus memegang teguh etika kedokteran yang menjadi penetu keluhuran profesi ini," kata Karolin.

Untuk itu, Karolin berpesan kepada pengurus IDI yang baru agar bekerja dengan dedikasi yang tinggi dan sikap profesional, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat di Kabupaten Landak. Karolin juga berpesan kepada para dokter untuk bekerja dengan sepenuh hati serta tulus dan ikhlas sebagai jembatan mitra kerja antara dokter dan pemerintah daerah.

"Saya juga berpesan kepada para anggota IDI untuk mengembangkan diri dan kapasitas masing-masing untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Landak ini," harapnya.

Sementara itu Ketua IDI Kabupaten Landak, dokter Nicolaus Lempan mengungkapkan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kinerja dan profesionalisme dokter di Kabupaten Landak.

"Sebisa mungkin nantinya kita yang tergabung dalam IDI Kabupaten Landak akan mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah, sehingga tidak perlu terlalu jauh dalam mencari ilmu untuk mengembangkan kapasitas keilmuan," beber Nicolaus.

Oleh karena itu, Nicolaus berharap dukungan moril dan tenaga dari para dokter yang tergabung dalam IDI, sehingga bisa bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan masyarakat Kabupaten Landak yang sehat.

Bagikan

Form Penilaian