Bupati Landak ingatkan tentang Bahaya Narkoba

Senin, 02 Oktober 2017 | Oleh : admin | Kategori : Kepala Daerah


Pahauman (02/10/17) - Ratusan pelajar tingkat SMA/MA se Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak mengikuti kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dengan tema "Cerdas tanpa Narkoba" di Aula Kantor Camat Sengah Temila, Senin.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk Pengabdian kepada Masyarakat FISIP Untan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak.

Hadir saat itu, Bupati Landak yang juga menjadi Narasumber, dr. Karolin Margret Natasa, Dosen Fisip Untan, Dr. Dedi Kusnadi, M.Si dan Fery Junius, S.Sos, M.Si, Camat Sengah Temila, Ursus, Kapolsek Sengah Temila, AKP. Hedi Rasa, serta Kades Pahauman, Diano

Karolin mengatakan kegiatan sosialisasi memang sangat diperlukan mengingat bahwa kondisi saat ini dalam keadaan darurat narkoba dan angka pengguna narkoba semakin meningkat dari hari ke hari terutama pada generasi muda.

"Begitu banyak jenis narkoba yang beredar saat ini dipasaran dan selalu ada yang baru oleh karena itu pentingnya sosialisasi bahaya narkoba harus kita laksanakan," tutur Karolin.

Mantan Anggota DPR RI itu juga berharap kepada generasi muda Kabupaten Landak agar mampu membentengi diri dari tindakan penyalahgunaan narkoba dengan melibatkan diri dengan berbagai kegiatan-kegiatan positif dilingkungan.

"Adik-adik semua adalah harapan Kabupaten Landak, harapan bagi keluarga. Bayangkan bagaimana perjuangan orang tua kalian untuk menyekolahkan kalian, menghidupi kalian dengan harapan kalian akan menjadi orang yang sukses, panutan bagi keluarga dan masyarakat. Jangan pernah kecewakan orang tua kalian," harapnya.

Karolin mengungkapkan, berbagai cara dilakukan pemerintah untuk memerangi peredaran narkoba. Dengan membangun pola kemitraan antara pemerintah dengan pihak keamanan serta lembaga terkait lainnya. Kedepan pihaknya akan melakukan pengusulan kepada pemerintah pusat dengan membentuk Badan Penanggulan Narkoba di tingkat Kabupaten.

"Menyikapi apa yang telah disampaikan oleh pihak kepolisian pada hari ini bahwa kita akan mengusulkan agar dibentuk badan penanggulangan narkoba di tingkat Kabupaten Landak tetapi pengusulannya tentu ke Pemerintah Pusat," kata Karolin.

Sementara itu, Dosen Ilmu Sosial dan Politik Untan, Dr. Dedi Kusnadi juga mengungkapkan berdasarkan data kasus pengguna narkoba pada usia remaja setiap tahunnya terus meningkat. Universitas Tanjungpura sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang juga bertanggung jawab masa depan generasi muda terus berupaya memberikan membangkitkan kesadaran generasi muda agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran generasi muda di Kabupaten Landak khususnya di Kecamatan Sengah Temila tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Kami tidak ingin generasi muda kita terkena penyakit masyarakat ini," ungkapnya.

Dedi berharap materi yang disampaikan oleh narasumber dapat membangun kewaspadaan para Pelajar terhadap tindakan penyalahgunaan narkoba.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini, adik-adik sekalian menjadi lebih waspada dengan narkoba, informasi yang didapat hari ini dapat dibagi kepada teman-teman lainnya sehingga selain diri kita sendiri, apa yang disampaikan ini juga bermanfaat bagi orang lain," pungkas Dedi.(humas)

Berita Terkait




Pemerintah Kabupaten Landak